Sabtu, 25 Mei 2013

Pengaruh Kenaikan Harga BBM Terhadap Perekonomian Indonesia




Supaya kendaraan dapat berjalan maka di butuhkan bahan bakar. Dan bahan bakar untuk setiap kendaraan berbeda-beda, untuk kendaraan berbahan bakar bensin seperti motor,  mobil sedan, mobil keci dll. Sedangkan kendaraan berbahan bakar solar seperti bus, truk, kereta dll.
Dan berasal dari manakah  bahan bakar tadi? Semuanya berasal dari minyak bumi. Minyak bumi adalah (bahasa Inggris: petroleum, dari bahasa Latin petrus – karang dan oleum – minyak), dijuluki juga sebagaiemas hitam, adalah cairan kental, berwarna coklat gelap, atau kehijauan yang mudah terbakar, yang berada di lapisan atas dari beberapa area di kerak bumi. Minyak Bumi terdiri dari campuran kompleks dari berbagai hidrokarbon, sebagian besar seri alkana, tetapi bervariasi dalam penampilan, komposisi, dan kemurniannya. Minyak Bumi diambil dari sumur minyak di pertambangan-pertambangan minyak. Lokasi sumur-sumur minyak ini didapatkan setelah melalui proses studi geologi, analisis sedimen, karakter dan struktur sumber, dan berbagai macam studi lainnya.
Berikut 10 Negara Pengahasil Minyak terbesar di dunia
1.      Saudi Arabia
2.      Amerika Serikat
3.      Russia
4.      China
5.      Iran
6.      Kanada
7.      Unit Emirat Arab
8.      Meksiko
9.      Brazil
10.  Kuwait
Seiring cepatnya laju perekonomian global, harga minyak semakin tinggi karena suplainya secara perlahan terus berkurang. Faktor yang menyebabkan harga minyak dunia naik antara lain :
1.      Sekitar 20 persen dari minyak mentah yang diproduksi di dunia dikirimkan melalui Selat Hormuz, dan Iran telah mengancam akan menutup lalu lintas pelayaran melalui selat tersebut.
2.      Iran memberikan kontribusi untuk masalah kedua dalam hal pasokan minyak global baik di luar bahwa kemampuannya untuk mengganggu pasokan.
3.      Sebagian besar minyak disempurnakan di pantai timur AS adalah minyak mentah Brent, sejenis minyak yang diproduksi dari Laut Utara. Harga Brent - lebih dari $ 124 per barel - hampir $ 16 lebih tinggi dari harga West Texas Intermediate (WTI) minyak mentah, jumlah orang yang paling baca di media.
4.      Iran tidak menyajikan tantangan geopolitik hanya untuk produksi minyak.
5.      Pada bulan Desember 2011, anggota OPEC menghasilkan hampir 31 juta barel per hari, memotong kemampuan kapasitas cadangan kartel dari 3,18 juta barel per hari menjadi 2,85 juta. Arab Saudi menyumbang 2,15 juta barel per hari dari orang-kapasitas cadangan.

Dampak atau pengaruh dari kenaikan BBM adalah sebagai berikut :
1.      Ongkos untuk angkutan umum naik
2.      Harga kebutuhan pokok pun ikut melonjak
3.      Harga premium ikut melonjak
4.      Harga makanan naik 2%
5.      Resiko kredit meningkat

Dengan naiknya harga minyak dunia yang tinggi, membuat pemerintah kesusahan untuk memberi subsidi yang tinggi pula terhadap BBM. Maka ada beberapa program untuk memberi subsidi yang tinggi pula terhadap BBm. Maka ada beberapa program yang dapat diambil dalam rangka mengurangi dan menekankan penggunaan BBm, antara lain :
1.      Program penghematan anggaran konsumsi BBm telah dicanangkan sebagai salah satu cara menahan beban lonjakan harga bahan mentah dunia terhadap APBN 2008.
2.      Alternatif energi berikutnya yang tersedia dan dapat digunakan sebagai bahan bakar minyak yakni BBG. Sayangnya saat ini tidak memberikan pilihan kepada konsumen karena keterbatasan saran. Fasilitas yang tersedia saja semakin lama bukannya semakin bertambah melainkan semakin berkurang.
3.      Menganjurkan kepada industri mobil untuk mendesain kendraan dalam bentuk yang lebih kecil bermesin 4 cylinder, compact, aerodinamis dan light. Begitu gencar kampanye efisiensi energi oleh pemerintah pabrik kendaraan bermotor mempunyai orientasi yang mengindikasikan good mileage yang artinya rasio penggunaan bahan bakar setiap satu gallon akan memberikan jarak tempuh yang lebih jauh.

Ada beberapa rekomendasi kebijakan yang dapat diambil pemerintah, anatar lain sebagai berikut :
1.      Untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat, pemerintah seharusnya melakukan pembenahan dan audit Pertamina
2.      Pemerintah harus bersikap dan bertindak tegas terhadap pengusaha yang menggeser kenaikan harga BBM dengan menaikan harga secara tidak wajar dan tidak didukung data yang kuat
3.      Upaya untuk menolong usaha yang kian terpuruk akibat kenaikan BBM, maka pemerintah dapat melakukan penghapusan biaya tinggi, penghapusan pungutan resmi atau tidak resmi, penyederhanaan rantai perizinan.
4.      Walaupun pencabutan subsidi BBM secara teori ekonomi memiliki argumentasi yang kuat, pemerintah juga harus memperhatikan faktor sosial dan politik akibat pencabutan subsidi BBM.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar